21.2 C
Los Angeles
Sunday, April 21, 2024

Operasi Zebra Pallawa 2023 Dimulai Dengan Sejumlah Sasaran, Kedepankan ELTE

Berita PolisiOperasi Zebra Pallawa 2023 Dimulai Dengan Sejumlah Sasaran, Kedepankan ELTE

Operasi Zebra Pallawa 2023 Dimulai Dengan Sejumlah Sasaran, Kedepankan ELTE

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso memimpin apel akbar pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023 di Mapolda Sulsel, Senin (4/9/23). Dalam apel tersebut ia meminta seluruh jajaran, khususnya Polantas yang ditugaskan untuk bersikap santun kepada masyarakat. Ia mengingatkan untuk bertindak persuasif, edukatif, serta manusiawi.
Utamakan melakukan penegakan hukum melalui tilang elektronik (ETLE) atau teguran simpatik guna meningkatkan kepercayaan dan simpati masyarakat terhadap polisi.

“Jaga sopan santun, bertindak secara profesional dan bekerja sesuai prosedur. Lakukan bertindak yang simpatik ramah namun tegas dan terukur,” katanya.

Operasi Zebra Pallawa 2023 digelar mulai 4-17 September 2023 secara serentak di seluruh wilayah Polda Sulsel. Kegiatan ini dalam rangka menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas menjelang penggelaran Operasi “Mantap Brata 2023-2024.
Penindakan yang dilakukan antara lain, pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan kecelakaan lalu-lintas serta kerawanan lainya.
“Operasi Zebra Pallawa 2023 ini perlu kerja sama dan dukungan berbagai pihak. Untuk itu, masyarakat diimbau agar selalu mematuhi aturan dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar serta saling menghargai kepada sesama
Operasi Zebra Pallawa tahun ini di seluruh Polres jajaran Polda Sulsel dalam penindakan pelanggaran tidak lagi dengan melakukan tilang manual atau tilang di tempat. Dipastikan penindakan pelanggaran dilakukan dengan tilang elektronik.

Sementara itu, Dirlantas Polda Sulsel Kombes Pol I Made Agus Prasatya membeberkan sasaran operasi.
“Pelanggaran melawan arus, tidak menggunakan helem SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara menggunakan HP, berkendara dibawa pengaruh alkohol, berboncengan tiga, over dimensi dan over load,” kata Kombes Pol I Made.

Dikatakan, operasi ini juga diharapkan untuk mewujudkan transparansi penegakan hukum dan masyarakat sadar bukan karena ada petugas namun peduli akan keselamatan.
“Diharapkan dalam Operasi Zebra Pallawa ini tercipta kepatuhan masyarakat dan yang penting fatalitas Lakalantas jelang pemilu 2024 berlangsung dengan aman. Personil yang dilibatkan 1.500an. Selain itu ada juga kegiatan bakti religi dan bakti sosial pada masyarakat yang membutuhkan,” bebernya.
Ia juga menegaskan pelanggan yang terjadi dalam Operasi Zebra Pallawa 2023 ini mengedepankan penindakan melalui ETLE.

“Stasioner tidak kita laksanakan namun kita akan kedepankan ELTE statis yang sudah ada ETLE mobile dan ETLE yang sudah terbela dan teguran simpatik,” bebernya.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles