17.8 C
Los Angeles
Monday, June 17, 2024

Polresta Malang Kota Dukung Ketahanan Pangan, Pak Bhabin Ikuti Pelatihan Pertanian dan Peternakan

Berita PolisiPolresta Malang Kota Dukung Ketahanan Pangan, Pak Bhabin Ikuti Pelatihan Pertanian dan Peternakan

Polresta Malang Kota Dukung Ketahanan Pangan, Pak Bhabin Ikuti Pelatihan Pertanian dan Peternakan

Berita Polisi Kota Malang – Upaya dukung ketahanan pangan dan menambah pengetahuan tentang pertanian serta peternakan untuk membantu warga binaannya, Bhabinkamtibmas Polresta Malang Kota ikuti Pelatihan Binmas Pioneer Polda Jatim.

Pelatihan Binmas Pioneer dibidang Pertanian dan Peternakan bagi Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Jawa Timur dilaksanakan di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang selama dua hari Rabu-Kamis (14-15/05) dilaksanakan di Jl Dr. Cipto Bedali Lawang, Kabupaten Lawang

Kasat Binmas Polresta Malang Kota AKP Liliek Isti Setyaningsih S.H mengatakan dua personil Binmas, Aiptu Harijanto dan Aiptu Adji Santoso, mewakili Polresta Malang Kota.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya para Bhabinkamtibmas, karena bisa menambah pengetahuan dan keterampilan baru dalam bidang pertanian dan peternakan,” Ungkap AKP Liliek.

AKP Liliek menambahkan bahwa pengetahuan dan keterampilan ini akan mereka terapkan di wilayah binaan masing-masing.

“Para Bhabin bisa membantu para warga sekaligus petani dan peternak dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mereka hadapi, seperti hama penyakit, kekurangan pupuk dan bibit, serta akses pasar,” Jelas AKP Liliek. (Kamis, 16/05).

Sementara Aiptu Harijanto menambahkan, Pelatihan tidak hanya sekedar pengetahuan pertanian dan peternakan, namun peserta Bhabinkamtibmas juga diajarai memanfaatkan lahan mati, lahan kosong, serta memanfaatkan lahan yang minimalis.

“Materi yang disampaikan juga tentang memanfaatkan lahan mati dan lahan/ruang yang minimalis di sekitar pemukiman warga” Kata Aiptu Harijanto.

Pelatihan pertanian tentang tanaman pangan, obat-obatan dan sayuran untuk kebutuhan sehari-hari, seperti penamaman cabe, tomat, sawi, tanaman boga dan lain lain.

“Lahan minimalis bisa dimanfaatkan untuk menanam tanaman sayur, dan obat-obatan atau taman boga, ternak ikan lele, nila, mujaher dengan Sistem Bioflok” Jelas Aiptu Harijanto

Sementara tanaman pangan berhubungan dengan petani, Bhabinkamtibmas juga monitoring penyuplaian Pupuk Subsidi dan pakan ternak bantuan dari pemerintah.

Pelatihan diharapkan para Bhabinkamtibmas Jajara Polda Jawa Timur dapat membantu para petani dan peternak dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mereka hadapi.

“Kami berupaya turut meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan di wilayah binaan, sekaligus mndukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.” Ungkap Aiptu Aji.

Polda Jawa Timur merupakan instansi di luar struktur yang peduli pada Ketahanan Pangan dan membantu penanganannya sehingga bisa menguatkan ketahanan Pangan Nasional semoga hal ini dapat diikuti instansi lain.

Pelatihan Binmas Pioneer dibidang Pertanian dan Peternakan bagi Bhabinkamtibmas Jajaran Polda Jawa Timur pada hari Rabu (15/05) dihadiri Dir Binmas Polda Jatim, Wakil Direktur 2 Polbangtan Malang, Kasubdit Bhabinkamtibmas Polda Jatim bersama staf, Kepala UPPM Polbangtan Malang dan Para Pengajar seeta Perwakilan Bhabinkamtibmas Polres / Polresta jajaran Polda Jatim.

Check out our other content

Check out other tags:

Most Popular Articles